Wednesday, February 10, 2016

kumpulan tips kesehatan tulang pungggung

Tips Menjaga Kesehatan Tulang Belakang / Punggung

Sering mengeluh tentang sakit / nyeri punggung setelah seharian beraktivitas atau ketika hendak tidur / baru bangun? Tulang belakang ketika selain merupakan pusat pembuatan darah, juga merupakan penopang fatal pada rangka tubuh kita untuk fungsi motorik. Posisi tidur, sering mengangkat barang/beban, bahkan duduk bisa berpengaruh pada kesehatan tulang belakang kita. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga tulang belakang tetap sehat

1. Ketika akan mengangkat barang dari lantai, tekuk lutut Anda, dan jangan membungkuk saat mengangkatnya, karena hal ini bisa menyakiti dan membebani tulang belakang Anda. Usahakan untuk menjaga tulang belakang tetap lurus. Setelah itu, tekuk kaki Anda untuk membuat diri Anda sejajar dengan barang tersebut. Kemudian angkat barang tersebut dekat dengan tubuh, lalu perlahan mulai berdiri kembali.

2. Begitu pula ketika anda akan menaruh barang berat ke tempat yang posisinya diatas kepala Anda, usahakan jangan mengangkat barang tersebut lebih tinggi dari pada pundak Anda. Jika Anda akan menyimpan barang berat ditempat yang tinggi, gunakan tangga atau kursi. Mengangkat beban berat diatas batas pundak Anda bisa menyebabkan tulang belakang mendapat tekanan yang sangat besar.

3. Ganti posisi sesering mungkin jika Anda harus berdiri dalam waktu lama. Jangan membungkuk, tetapi berdirilah dengan posisi tubuh dan kepala tegak.

4. Berjalanlah dengan tegak, kepala menatap kedepan, dan posisi punggung dalam keadaan lurus. Untuk kenyamanan Anda, gunakan sepatu yang berhak rendah dan tipis.

5.Ketika didalam mobil, duduklah dengan posisi tegak, majukanlah tempat duduk pengendara agar kaki anda lebih dekat dengan pedal. Usahakan kedua lutut anda sejajar dengan pinggul.

6.Jika Anda duduk didepan komputer atau televisi dengan durasi yang panjang, pastikan paha anda sejajar dengan sofa, jangan sampai posisi kaki Anda menekuk terlalu tinggi dari paha. Hindari juga kaki Anda menggantung jauh dari lantai.

7. Saat tidur, manusia memang memiliki kebiasaan dan posisi nyamannya masing-masing. Namun untuk menjaga agar tulang punggung tetap baik, pastikan permukaan tempat tidur Anda keras dan rata. Hindari pula posisi tidur telungkup. Usahakan menghindari tidur di media lunak seperti sofa, karena hal tersebut tidak dapat menyokong punggung.

(sumber: forumkami/kesehatan)


Terimakasih atas kunjungan Anda yang telah membaca artikel di blog kami. Tunggu artikel menarik lainnya. Dont forget to subscribe. :)
 

No comments:

Post a Comment