Wednesday, June 8, 2016

Teks Eksplanasi

Banjir

Banjir merupakan fenomena alam yang dapat menimbulkan kerusakan secara langsung di daratan. Secara sederhana banjir dapat diartikan sebagai luapan air dalam jumlah besar dan tidak terkendali yang dapat menggenangi suatu daerah. Banjir terjadi karena hujan yang terus menerus. Selain itu banjir juga disebabkan oleh perbuatan manusia. Pemukiman kumuh, pembuangan  sampah di DAS (daerah aliran sungai), pemukiman padat penduduk, pembangunan infrastruktur, dan penebangan vegetasi hutan dengan sembarangan.

Hujan yang turun secara terus menerus membuat limpasan air hujan tergenang. Genangan air hujan menghalangi limpasan air hujan meresap ke dalam pori-pori tanah sehingga genangan air hujan semakin tinggi. 

Pemukiman kumuh di pinggir sungai mempersempit DAS. Penyempitan DAS berpengaruh pada daya tampung air sungai. Jika kapasitas sungai berkurang, sungai tidak akan mampu menampung aliran air sungai pada musim hujan. Maka dapat dipastikan air akan meluber ke daerah pemukiman penduduk.

Pembuangan sampah di sekitar DAS juga dapat mempersempit aliran sungai bahkan menyumbat aliran air. Penyumbatan aliran sungai tidak hanya menyebabkan terjadinya banjir tapi juga menimbulkan berbagai macam penyakit karena sampah tersebut mencemari air sungai. 

Pemukiman padat penduduk yang tidak teratur tanpa diiringi dengan pembangunan drainase yang memadai dapat menimbulkan genangan air di kawasan perumahan. Tanpa drainase yang memadai aliran air hujan akan terhalang sehingga di kawasan tersebut menjadi langganan banjir.

Pembangunan infrastruktur di daerah resapan air mengakibatkan limpasan air hujan menggenangi kawasan penduduk. Pembangunan infrastruktur tanpa memperhatikan tata kota akan menjadi bumerang dan petaka di kota tersebut. 

Vegetasi hutan dengan akarnya yang kuat mempunyai peran penting untuk menghalangi turunnya air hujan di lereng gunung ke wilayah di bawahnya. Penebangan hujan secara liar tanpa diiringi dengan peremajaan dapat mengakibatkan terjadinya banjir bandang dan tanah longsor. 

Banjir menimbulkan kerugian yang sangat besar. Banjir juga menimbulkan banyak penyakit, kelaparan dan jatuhnya korban jiwa karena terseret arus. Mengingat betapa besarnya kerugian yang ditimbulkan sudah sepatutnya kita sebagai manusia untuk berdamai dengan alam. Dengan menjaga lingkungan kita alam akan menyayangi kita. 

Paragraf 1     : Pernyataan UmumParabraf 2-7 : Urutan sebab-akibatParagraf  8    : Interpretasi

No comments:

Post a Comment